Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 26 Agustus 2014

Akankah Jawa Tengah dan Yogyakarta Tanpa Wakil di ISL Musim Depan?


Persiba Bantul dan Persijap Jepara dipastikan terdegradasi dari Indonesia Super League (ISL) musim ini. Kedua klub tersebut merupakan wakil dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dengan fakta tersebut, musim depan Jawa Tengah dan Yogyakarta terancam tidak memiliki wakil di ISL, kecuali ada klub dari kedua provinsi ini ada yang promosi dari Divisi Utama.

Performa Persiba dan Persijap memang buruk sejak awal musim. Kondisi finansial yang tidak sehat menjadi pangkal masalah. Kesulitan memperoleh pendanaan di awal musim membuat kontrak pemain terbengkalai. Kemudian di tengah kompetisi, gaji pemain juga kerap terlambat dibayarkan. Belum lagi setiap melakoni laga tandang yang jaraknya jauh sering kesulitan untuk mengurus akomodasi.

Dengan kontestan di ISL yang banyak dihuni klub yang berani jor-joran kontrak pemain bintang, walau belum tentu keuangannya sehat, alhasil kedua klub tersebut kerap menjadi lumbung gol. Kekalahan yang memastikan Persijap terdegradasi adalah kalah dengan skor mencolok 5-0 dari tuan rumah Persib Bandung.

Tapi, masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta masih punya harapan untuk memiliki wakil di kancah tertinggi sepak bola tanah air. Siapa saja kandidat yang bisa menggantikan kedua klub tersebut?

PSIS Semarang, PSCS Cilacap, Persis Solo, dan PSS Sleman berpeluang promosi
Ada tiga klub asal Jawa Tengah yang masih berpeluang promosi, yaitu PSIS, PSCS dan Persis. Sementara PSS menjadi wakil Yogyakarta yang masih lolos ke babak 16 besar Divisi Utama. Keempat klub tersebut memiliki kans yang sama untuk bisa melaju ke ISL musim depan. Namun, perjalanan masih panjang.

Divisi Utama akan mulai memasuki babak 16 besar awal September ini. Format yang dipergunakan adalah sistem grup kompetisi penuh. Enam belas klub dibagi ke dalam empat grup dan masing-masing akan bermain home dan away.

Peringkat pertama dan kedua setiap grup akan masuk ke babak 8 besar. Sistemnya kembali menggunakan grup kompetisi penuh. Empat klub terbaik akan melaju ke babak semi final lalu final. Menariknya setelah mengarungi musim yang panjang dengan sistem home away, rencananya semi final dan final akan digelar home tournament dengan tuan rumah netral.

Dengan format seperti itu tentu perjalanan akan sangat panjang untuk mencapai babak semifinal dan final guna memelihara kans promosi. Perlu memainkan 12 pertandingan di babak 16 dan 8 besar agar bisa masuk ke semifinal. Dibutuhkan skuat yang mumpuni dan bugar, serta dukungan keuangan yang tidak sedikit agar kapal tidak limbung mengarungi kompetisi yang panjang nan melelahkan.

Peluang PSIS, PSGC, Persis, dan PSS
Pembagian grup untuk 16 besar sudah diumumkan. PSIS tergabung di Grup J dengan Pro Duta, Persikabo Bogor, dan PSCS Cilacap. Dua klub Jawa Tengah harus saling mengalahkan di grup ini. Tetapi, faktor nonteknis menguntungkan kedua klub ini karena kewajiban mereka bertanding di luar Jawa hanya ke Medan untuk menantang Pro Duta. Lainnya di Jawa.

PSIS layak untuk diunggulkan menilik pada materi skuat mereka musim ini dan kesungguhan dari manajemen dengan target promosi. Sementara PSCS akan bersaing dengan Pro Duta untuk memperoleh satu tiket lagi menuju 8 besar.

Persis Solo akan bergabung dengan PSPS Pekanbaru, PS Bangka, dan PSGC Ciamis di Grup K. Persis sebenarnya musim ini cukup menjanjikan. Sayangnya, faktor nonteknis kerap melanda kondisi internal skuat asuhan Widyantoro ini. Pertama, jelas soal keuangan. Selain nanti akan memiliki masalah dengan pemenuhan gaji pemain, dua kali tandang ke Sumatra  tentu akan menguras keuangan manajemen. Apabila bisa mengatasi masalah tersebut, tentu coach Wiwid lebih bisa fokus mengatur strategi.

Sayangnya masalah kedua muncul, laga kandang melawan PS Bangka tanggal 24 September 2014 terancam tidak bisa dihelat di Stadion Manahan. Ada kejuaraan dunia terjun militer yang berlangsung tanggal 17 hingga 24 September 2014 yang membuat Persis tidak bisa menggunakan Manahan. Padahal penting sekali untuk bisa memaksimalkan dukungan penonton juga untuk mendulang keuangan guna menopang finansial tim jika berhasil lolos ke babak berikutnya.

Sementara PSS Sleman akan bergabung dengan Grup L. Klub pujaan warga Sleman dan sekitarnya ini akan bertemu dengan Martapura FC, Persewangi Banyuwangi, serta Persewon Wondama. Dari segi lawan, jarak yang jauh ke Kalimantan dan Manokwari (yang kemungkinan menjadi kandang Persewon) menjadi nilai negatif bagi PSS. Tur akan membuat PSS menguras keuangan mereka dan juga kelelahan fisik melanda mengingat jarak pertandingan yang berdekatan.

Oleh karenanya, hal terbaik bagi PSS adalah memaksimalkan tiga laga kandang. Kemudian bisa meraih satu kemenangan di laga tandang, syukur-syukur meraih masing-masing satu angka setiap bermain di luar kandang. Mengingat rekor buruk PSS jika bermain di laga away, Herry Kiswanto punya PR besar untuk meningkatkan mental anak asuhnya apabila manajemen benar-benar ingin tim ini lolos ke 8 besar.

Dilihat dari empat klub Jawa Tengah dan Yogyakarta, PSIS, Persis, dan PSS memiliki peluang yang sama besar. Lebih besar dibanding PSCS Cilacap. Apabila masalah finansial maupun persoalan non teknis lainnya tidak mengganggu selama masa persiapan dan ketika 16 bergulir, rasanya ketiga klub ini punya peluang sama besar untuk bisa lolos ke 8 besar. Kita tunggu saja


Sumber : yahoo.co.id

1 komentar:

  1. ACEPOKER99.com

    Situs game online terbaik di indonesia.
    Rasakan sensasi permainan 100% Player Vs Player dengan minimal Deposit / Withdraw sebesar Rp.25.000.

    Bonus luar biasa yang kami hadirkan berupa :
    * Bonus Referral 20%.
    Ajak teman-teman anda bermain bersama anda di AcePoker99.com, potongan meja kemenangan teman anda akan kami kali sebanyak 20% dan akan di

    bagikan

    secara otomatis tanpa di claim.

    * Bonus Double Cashback
    Kumpulkan Turnover mu sebanyak - banyak nya dalam 1 minggu, kami akan membagikan bonus turnover kepada anda yang berhasil mengumpulkan

    minimal 1

    juta Turnover, semakin banyak turnover yang kalian raih,semakin banyak juga bonus yang kalian dapatkan.

    AcePoker99.com juga menyediakan 7 Games dalam 1 User ID:
    - Poker Online
    - Domino QQ
    - Bandar Q
    - Bandar Poker
    - Capsa Susun
    - Adu Q
    - Sakong Online

    Dibantu dengan 5 bank local aktif untuk mempermudah transaksi : BCA, BNI (24JAM), BRI(24JAM),MANDIRI(24JAM), DANAMON (24JAM)

    Ayo !! Buruan gabung bersama kami di Pokerace99 Agen Judi Poker Online Terpercaya di Indonesia Dan rasakan sensasi bermain bersama kami !

    Link untuk daftar >> http://www.acepoker99.net/Register.aspx?lang=id

    BBM : D8986EBB
    WECHAT : AcePkr
    WHATSAPP : +85587698009

    BalasHapus